Followers

Monday, July 18, 2011

Asal-usul nama 'brand' terkenal

GKA rasa korang semua mesti tahulah brand nie tapi korang semua tahu ke asal usulnya?? Kalo tak tahu,nie GKA nak bagi tahu asal usul brand terkenal nie:


Adobe

Berasal dari nama sungai Adobe Creek yang mengalir di belakang rumah pengasasnya, John Warnock.


Apple Computer
Apple adalah buah kesukaan pengasas perusahaannya, Steve Jobs. Dia tiga bulan terlambat mengajukan nama untuk bisnes, dan ia mengancam untuk memanggil perusahaannya Apple Computers kalau rakan lain tidak menyarankan nama yang lebih baik sampai jam sebelum pukul 5.


CISCO
Ini bukan singkatan seperti yang populer diyakini. Ini adalah singkatan untuk San Fransisco.

Compaq

Nama ini dibentuk dengan menggunakan COMP, untuk komputer, dan PAQ untuk menunjukkan benda terpisahkan kecil.

Corel

Nama ini berasal dari nama pendirinya Dr. Michael Cowpland. COREL adalah singkatan dari Cowpland REsearch Laboratory.

Google

Nama ini dimulai sebagai lelucon tentang jumlah informasi yang mampu dicari oleh mesin pencari. Pada awalnya disebut ‘Googol’, sebuah kata untuk bilangan yang di awali dengan angka 1 dan diikuti dengan 100 no. Setelah para pendirinya – mahasiswa pascasarjana Stanford – Sergey Brin dan Larry Page mencadangkan projek mereka kepada seorang investor, mereka menerima cek yang dibuat untuk ‘Google’ … sehingga dipakailah nama itu.

Hewlett Packard


Bill Hewlett dan Dave Packard melempar syiling untuk memutuskan apakah nama perusahaan mereka, disebut Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett.

Intel

Bob Noyce dan Gordon Moore ingin nama perusahaan baru mereka ‘Moore Noyce’ tapi nama tersebut sudah terdaftar sebagai oleh sebuah jaringan hotel, jadi mereka memutuskan untuk menggunakan nama INTEL yang merupakan singkatan dari INTegrated ELectronics.

Microsoft

Diciptakan oleh Bill Gates untuk mewakili perusahaan yang awalnya ditujukan untuk MICROcomputer SOFTware. Awalnya ditulis Micro-Soft, tanda ‘-’ dihapus di kemudian hari.

Oracle
Larry Ellison dan Bob Oats bekerja pada projek konsultasi untuk CIA (Central Intelligence Agency). Nama kod untuk projek ini disebut Oracle (CIA melihat ini sebagai sistem untuk memberikan jawaban atas semua pertanyaan). Proyek ini dirancang untuk membantu menggunakan kod SQL yang baru dibuat oleh IBM. Projek ini akhirnya dihentikan namun Larry dan Bob memutuskan untuk menyelesaikan apa yang mereka mulai dan membawanya ke dunia. Mereka terus menggunakan nama Oracle dan menciptakan mesin RDBMS. Kemudian mereka tetap menggunakan nama itu sebagai nama perusahaan.

Sony
Berasal dari kata Latin ‘sonus’ yang berarti ‘suara’, dan ‘sonny’ adalah bahasa dialek Amerika untuk menyebut pemuda cerdas.

SUN

Didirikan oleh 4 mahasiswa dari Stanford University, SUN adalah singkatan dari Stanford University Network. Andreas Bechtolsheim membangun sebuah mikrokomputer, Vinod Khosla merekrut dia dan Scott McNealy untuk memproduksi komputer berdasarkan mikrokomputer itu, dan Bill Joy untuk mengembangkan OS berbasis UNIX untuk komputer.

Yahoo!

Kata ini awalnya diciptakan oleh Jonathan Swift dan digunakan dalam bukunya ‘Gulliver Travels’. Yahoo merupakan orang yang menjijikkan dalam penampilan dan tindakan dan tidak seperti manusia. Pendiri Yahoo! Jerry Yang dan David Filo memilih nama ini karena mereka menganggap diri mereka adalah golongan yahoos.

2 comments:

Syazwan Che Deraman said...

waahhh.
menarik..thanks for sharing.
google?

ZF said...

nice info.. datang tengok entri yg mingkin berkaitan dengan entry anda ini Symbol tersembunyi dalam Logo terkenal

GKA VIDEO BUSUK